Minggu, 05 Februari 2017

Penyebab Penyakit Jantung

Penyebab Penyakit Jantung

Salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung adalah tingginya kadar Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam tubuh. Ini merupakan jenis kolesterol yang memiliki tingkat kepadatan rendah dan sulit dicerna oleh tubuh
Dalam waktu lama, mengonsumsi makanan yang mengandung LDL secara berlebih akan menimbulkan timbunan lemak dalam tubuh. Lemak tersebut bisa menutupi saluran pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke jantung. Akibatnya kerja jantung menjadi terganggu dan tidak maksimal. Inilah awal timbulnya penyakit jantung.
Makanan yang mengandung kolesterol jahat penyebab penyakit jantung ada di mana-mana. Mulai di meja makan rumah Anda, di pinggir jalan, hingga di restoran mahal yang terkenal di kota Anda. Kenali dan mulailah hindari sekarang juga!

1. Lemak Jenuh

Ini merupakan jenis lemak yang identik dengan kolesterol tinggi atau LDL. Biasanya terdapat pada minyak untuk menggoreng. Karena itu mengonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak, biasanya mengandung lemak jenuh berlebih yang berisiko terkena penyakit jantung. Seperti gorengan, makanan-makanan dari restoran cepat saji yang digoreng dalam suhu tinggi dan minyak banyak.

Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi adalah jeroan, santan, udang, kerang, cumi-cumi, daging kambing, dan kulit ayam.Ê

2. Garam Berlebih

Konsumsi garam bisa mengakibatkan pengerasan pada dinding pembuluh darah. Selain menjadi penyebab penyakit jantung, konsumsi garam berlebih juga bisa mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

3. Terlalu Manis

Anda pasti sering mendengar anjuran untuk tidak banyak-banyak mengonsumsi makanan yang manis karena identik dengan penggunaan gula berlebih sebagai bahan bakunya. Gula termasuk dalam kategori kalori dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga.
Namun konsumsi makanan dengan kalori tinggi secara berlebih bisa mengakibatkan penyakit jantung. Selain makanan manis, makanan-makanan mengandung kalori tinggi antara lain, nasi putih, donat, roti-rotian seperti burger dan lainnya. 

4. Gaya Hidup Tak Sehat

Selain akibat konsumsi makanan tak sehat secara berlebih, penyakit jantung juga muncul akibat pola hidup yang tak sehat. Di antaranya adalah kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, mengalami tingkat stres tinggi, jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya yang mampu membakar lemak.
Rokok mengandung racun kimia berbahaya yang bernama akrolein. Racun ini bisa masuk ke dalam pembuluh darah dan dalam waktu lama bisa menyebabkan pengerasan dan penyempitan dinding pembuluh darah penyebab timbulnya penyakit jantung.
Sementara minuman beralkohol bisa mempercepat dan meningkatkaan timbunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tak heran jika mengonsumsi minuman alkohol secara berlebih akan menyebabkan jantung berdegup lebih cepat karena harus bekerja ekstra keras.
Untuk menyeimbangkan kandungan lemak dalam tubuh maka diperlukan proses metabolisme atau pembakaran yang cepat. Proses ini bisa terjadi ketika tubuh banyak bergerak atau melakukan aktivitas fisik. Semakin baik proses metabolisme berjalan maka semakin mudah tubuh mengurangi lemak jahat penyebab penyakit jantung.
Karena itu Anda dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit per hari untuk menjaga proses metabolisme berjalan dengan baik. Mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk atau bermalas-malasan tanpa melakukan aktivitas fisik rentan terkena penyakit jantung.
Jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk lebih banyak duduk, sebaiknya setiap satu jam sekali Anda beranjak dari tempat duduk dan berjalan. Cara ini juga bisa menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Mulai sekarang, hindari konsumsi makanan tak sehat secarta berlebih dan perbanyak aktivitas fisik seperti olahraga agar Anda terhindar dari penyakit jantung yang mematikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar